tipd@iain-jember.ac.id 081336890790

Asesmen Lapangan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember

Home >Berita >Asesmen Lapangan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember
Diposting : Sabtu, 07 Oct 2023, 15:15:24 | Dilihat : 88 kali
Asesmen Lapangan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember


Asesmen lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi.

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012.

Asesmen Lapangan merupakan penilaian yang dilakukan oleh Tim Asesor BAN PT secara langsung  dengan melakukan kunjungan kepada Lembaga yang akan diakreditasi dengan mengkonfirmasi narasi yang ada dalam borang dengan yang ada di lapangan, yang meliputi Sarana Prasarana, Sumber Daya Manusia, Mahasiswa dan Lulusan, Dosen dan Tenaga Kependidikan, Mitra, Stakeholder dan Pengguna Lulusan.

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam melaksanakan AL oleh Asesor Dr. Arief Subhan, M.Ag dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Prof. Dr. Casmini, S.Ag., M.Si dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kegiatan Asesmen Lapangan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Oktober 2023 di Aula Fakultas Dakwah Lantai II.

Dilanjutkan dengan sambutan pertam oleh Dekan Fakultas Dakwah Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag., beliau menyampaikan dan mengucapkan terimakasih kepada asesor, dosen, mahasiswa, alumni dan stake holder, sudah meluangkan waktunya untuk akreidtasi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil rektor I UIN KHAS Jember Prof. Dr. Miftah Arifin, M.Ag., dalam smabutannya beliau menyampaikan “bahwasanya prodi BKI harus menunggu 2 tahun untuk bisa asesmen lapangan, biasanya prodi lain hanya menunggu 6-7 bulan” tentu ada banyak perubahan data karena terjadinya perubahan nama perguruan tinggi.

Sambutanya selanjutnya oleh Dr. Arif Subhan, M.Ag selaku Anchor, beliau juga menyampaikan bahwa kedatangannya bukan mencari kesalahan, namun hanya mencocokkan data yang sudah di upload pada akun SAPTO BAN PT.

Asesmen lapangan Prodi BKI ini juga dihadiri oleh Unit dan Lembaga Universitas, Mahasiswa, Alumni BKI, dan Stakeholder.

 

 

;