tipd@iain-jember.ac.id 081336890790

HMPS Bimbingan dan Konseling Islam Dan HMPS Psikologi Islam Gelar Webinar Nasoinal

Home >Berita >HMPS Bimbingan dan Konseling Islam Dan HMPS Psikologi Islam Gelar Webinar Nasoinal
Diposting : Rabu, 28 Jul 2021, 11:38:00 | Dilihat : 456 kali
HMPS Bimbingan dan Konseling Islam Dan HMPS Psikologi Islam Gelar Webinar Nasoinal


Jember — Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Siddiq Jember berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Siddiq Jember menggelar webinar nasional dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang bertepatan pada tanggal 23 Juli 2021.

Webinar Nasional ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 dimulai pukul 09.30 sampai selesai. Webinar ini diikuti oleh sekitar kurang lebih 90 peserta termasuk dengan 3 pemateri yang sangat luar biasa. Mengapa disebut sebagai pemateri yang sangat luar biasa,  karena beliau beliau berasal dari orang orang hebat.

Pemateri pertama atas nama istiqomah sinaga S.HI., M.H. Beliau merupakan hakim pengadilan di salah satu wilayah di Sumatera Utara. Beliau menjelaskan terkait pandangan hukum tentang pernikahan dini yang terjadi pada anak-anak serta broken home begitu pula tentang anak jalanan dimata hukum seperti apa, beliau juga mengatakan bahwa sering mengatasi masalah seperti ini selama beliau bekerja di pengadilan sampai saat ini. Oleh karena itu, beliau banyak membahas banyak hal termasuk dampak pada anak akan terjadinya pernikahan dini, broken home dan anak jalanan yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Pemateri kedua bernama Dr. Muhsin kali da S. AG., M. AG.beliau merupakan salah satu dosen yang mengajar di salah satu universitas ternama di Indonesia yakni UIN Sunan Kalijaga-Yogyakarta, dimana tadi beliau menjelaskan tentang dampak fisik pada anak terkait pernikahan dini dan broken home yang banyak mengarah kepada dampak negatif terhadap anak dan menjadi pembelajaran bagi kita sebagai penerus bangsa untuk dapat memiliki pandangan bagaimana mengatasi hal tersebut.

Kemudia pemateri ke 3 yakni Nurhasanah S. PSI., M. PSI., PSIKOLOG serta sebagai praktisi psikologi anak dan remaja. Beliau membahas mengenai pentingnya peran orang tua terhadap perkembangan psikologis anak dalam menentukan masa depan

Moderator forum webinar nasional yaitu Huzaimatul Hilalia. Beliau merupakan Ketua Dema Fakultas Dakwah Priode 2020/2021

Pemateri kedua Dr. Muhsin kali da S. AG., M. AG menegaskan kepada peserta

"Jangan tidur sebelum membaca dan jangan mati sebelum mempunyai karya" tegas Dr Dr. Muhsin kali da S. AG., M. AG dalam penyampaian materinya

Ketua panitia webinar nasional Iradatul Hasanah mengungkapkan ketika di wawancarai melalui WhatsApp mengenai kendalnya dalam pelaksanaan webinar nasional ini
 
"Zoomnya mendadak tidak bisa dibuka disebabkan dari fakultas dakwah tidak dimulai, bapak dekan tidak bisa hadir hingga digantikan Kprodi yaitu bapak Muhib Alwi dan sinyal yang kurang baik hingga berjalannya webinar nasional ini tidak berjalan dengan efektif" ujar Iradatul Hasana sebagai ketua panitia.

Penulis M. Ainul Yaqin 
Editor Ubaidullah Al Akhro

;