header-int

KEGIATAN PRAKTIK KONSELING KELOMPOK

Minggu, 03 Jul 2022, 21:29:19 WIB - 29 View
Share
KEGIATAN PRAKTIK KONSELING KELOMPOK

Kegiatan Praktik Konseling Kelompok Dilaksanakan Dalam Rangka Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester, Mata Kuliah Konseling Invidu dan Kelompok. Dimana didalam Kelas Bimbingan dan Konseling Islam 3 dibagi menjadi 6 kelompok, didalam kelompok tersebut berisi 8 anggota. Dalam pelaksanaan praktik konseling kelompok ini setiap kelompok mempraktekkan Tahap yang berbeda sesuai keputusan acak dari Dosen. Setiap kelompok  melaksanakan Ujian Praktik dengan 2 sesi yaitu : yang pertama dengan mempraktekkan Konseling Kelompok dengan anggota kelompok tanpa melihat Teks Laporan Verbatim yang sudah dibuat, serta aspek yang dinilai Ialah kehafalan atau penguasaan dari apa yang sudah tertera didalam Laporan Verbatim setiap kelompok, kelancaran, kesesuaian setiap tahap, serta kekompakan, kegiatan sesi yang pertama ini dilaksanakan dengan durasi maksimal 10 menit, dan untuk yang kedua Ialah Dosen melakukan tanya jawab kepada setiap anggota kelompok (Individu) dengan pertanyaan yang Random  namun pertanyaan tersebut berkaitan dengan Tahap yang dipraktekkan oleh setiap kelompok.

Dalam kegiatan Ujian Akhir Semester dengan pengambilan nilai melalui Praktek merupakan suatu hal yang dapat memberikan kesan tersendiri. Hal ini juga dapat mengukur sejauh mana pemahaman sekaligus gambaran mengenai Teori yang sudah dijelaskan oleh Dosen sebelumnya. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya tentunya sangat membutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Dan juga dengan adanya pengambilan Nilai Ujian dengan penggunaan sistem Ujian Praktek menjadi salah satu alternatif yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi Mahasiswa, terlebih ketika melakukan Praktek Konseling tersebut. Tentunya ada yang namanya gugup/tremor ketika praktek tengah berlangsung, akan tetapi justru hal inilah yang memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi Mahasiswa. Terlepas dari hal itu, Ujian Praktek tersebut juga sekaligus dapat melatih keterampilan  Mahasiswa dalam berkomunikasi, tentunya dalam bidang konseling kelompok.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube