tipd@iain-jember.ac.id 081336890790

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam mengikuti program Membangun Tradisi Menulis

Home >Berita >Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam mengikuti program Membangun Tradisi Menulis
Diposting : Minggu, 04 Dec 2022, 21:10:38 | Dilihat : 141 kali
Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam mengikuti program Membangun Tradisi Menulis


Fakultas Dakwah- sedikitnya 5 Program Studi Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember yang terdiri dari prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) dan Psikologi Islam (PSI). Riset Kolektif Mahasiswa ini dilaksanakan oleh Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, di Desa Kemiri Kec. Panti Kabupaten Jember. Dilaksanakan selama dua hari yaitu Jum’at dan sabtu, 2-3 Desember 2022.

Pelaksanaan RKM ini merupakan rangkaian tahap kegiatan RKM yang pertama dilaksanakan di Desa Sidomulyo Kec. Mayang Kab. Jember. Diketahui, Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) adalah salah satu program penelitian ditingkat mahasiswa yang difasilitasi oleh Fakultas Dakwah. Program RKM ini bermaksud Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mahasiswa di bidang penelitian, agar memiliki kemampuan meneliti yang memadai untuk menghasilkan penelitian yang bermutu dan berkualitas.

Dekan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag pada kesempatan pembukaan di Balai Desa Sidomulyo mempertegas bahwa Riset Kolektif Mahasiswa ini sesungguhnya dalam rangka memberikan ruang dan akses mahasiswa untuk melatih skil dan kemampuan meneliti sesuai kompetensi keilmuan yang dimiliki agar termotivasi menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas, yang manfaatnya secara praksis dapat dirasakan masyarakat.

Selain itu, Riset ini juga dalam rangka menyiapkan dan mengasah kemampuan meneliti mahasiswa agar memiliki kualifikasi dan kompetensi memadai untuk dilibatkan oleh para dosen, peneliti, maupun fungsional lainnya dalam program penelitian, khusunya di Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.

Pada kesempatan ini, prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah, mendelegasikan satu tim penelitian, anggota tersebut diantaranya Eka Nuur Setiani, Lutfi Nailil Istiqomah dan Juniar Cici Sesarianti, serta bertambahnya anggota yaitu Ira, Nadiva dan Linda tema yang diangkat adalah “Resiliensi Perspektif Gender: Upaya Single Parents Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Hidup”. Penelitian ini diangkat karena dominasi persepsi masyarakat bahwa dampak yang sangat diarasakan dari sebuah pereceraian adalah seorang perempuan. Namun bukan berarti laki-laki tidak menjadi korban dari sebuah pereceraian. Ucap tim peneliti BKI.

Penelitian ini mendapatkan masukan dari dua fasilitator yaitu bapak Muhibbin dan bapak isfironi mengenai novelty dan dan mempertajam analisis penelitian. Bisa saja suami istri yang sudah cerai mereka lebih Bahagia, karena sudah bisa mandiri atau sudah tidak terjadi lagi kekerasan dalam rumah tangga. Ujar fasilitator

Disisi lain Minan Jauhari selaku Wakil Dekan III Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam penutupan Riset Kolektif Mahasiswa memaparkan bahwa tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk memperkaya wawasan mahasiswa mengenai penelitian dan juga ouputnya nanti mahasiswa bisa membuat buku dari penelitian yang dihasilkan.

Dibawah Pohon Rindang (DPR). sur

 

;