tipd@iain-jember.ac.id 081336890790

Mengenal Lebih Dekat Ketua Prodi BKI IAIN Jember

Home >Berita >Mengenal Lebih Dekat Ketua Prodi BKI IAIN Jember
Diposting : Senin, 24 Feb 2020, 09:37:02 | Dilihat : 843 kali
Mengenal Lebih Dekat Ketua Prodi BKI IAIN Jember


Muhammad Muhib Alwi, M.A, atau lebih akrab disapa dengan nama pak muhib sudah pastinya banyak dikenal oleh orang dikalangan kampus IAIN Jember. Apalagi beliau merupakan ketua Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah IAIN Jember.  Suami dari Ibu Afifa ini sudah dikaruniai tiga orang putra; Ibnu Athoillah Al Mahmudi, M. Dzakil Fikri dan Nayla Maziyyatul Ulya. Pak muhib lahir pada tanggal 19 Juli 1978 di kota Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Beliau sekarang berdomisili di Perumahan Tegal Besar Permai I Blok AH-10-12 Jember.

Riwayat pendidikan beliau mulai dari sarjana S1 Program Studi Psikologi di Universitas Islam Negeri Malang, studi Pascasarjana diperoleh di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Fakultas yang sama. Untuk gelar Doktor (Dr) masih dalam proses di Kota Malang. Pada saat ini belaiu memiliki banyak kesibukan di dunia akademik, mengajar matakuliah di prodi Bimbingan dan Konseling Islam dan Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Jember, menjadi Ketua Prodi Bimbingan Konseling Islam serta beliau masih kuliah S3 di Kota Malang. Belaiu menjabat ketua Prodi BKI pada Tahun 2019.

Beliau memang dikenal dengan sosok yang memiliki peran penting di dalam kamajuan keilmuan Prodi Bimbingan Konseling Islam, sehingga ada banyak sekali pemikiran-pemikirannya terkait dengan dunia Bimbingan dan Konseling. Apalagi Keikutsertaan beliau menjadi anggota HIMPSI (Himpunan Psikolog Indonesia) yang merupakan organisasi profesi psikolog di Indonesia. Beliau juga ikut andil bagian keanggotaan PABKI (Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam) yaitu perkumpulan orang yang ahli dalam Bimbingan dan Konseling dibawah naungan Kemenag RI.

Selain memiliki kesibukan di kampus sebagai abdi negara, beliau juga memiliki kesibukan sebagai abdi masyarakat diantaranya; pembina Jam’iyah Khotmil Qur’an An-najah Tanggul Jember, Pembina majlisTa’lim Al-Hidayah Rt 01 Rw 10 Perumahan Tegal Besar Permai I Jember dan Dewan assatiid di pondok pesantren Darus Sholah Jember. Serta beberapa kegiatan ceramah di masjid.

Beliua juga sangat produkti dalam penulisan karya ilmiah diantaranya: Suppotive Counseling For Youth Autonomy (Konseling kemandirian) jurnal studia Didaktika, Penerapan Konseling Kemandirian dalam Mengembangkan Kemandirian remaja, jurnal al-shifa dan Implementasi Dakwah Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Jember, Jurnal Al-Tatwir Prodi PMI Fakultas Dakwah IAIN Jember. (Philophobia)

;