tipd@iain-jember.ac.id 081336890790

MoU dan Penyerahan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Fakultas Dakwah

Home >Berita >MoU dan Penyerahan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Fakultas Dakwah
Diposting : Selasa, 18 Jan 2022, 16:03:25 | Dilihat : 319 kali
MoU dan Penyerahan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Fakultas Dakwah


Situbondo - Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester V Fakultas Dakwah IAIN Jember. PKL adalah kegiatan praktikum yang mana mahasiswa harus mampu mengamalkan ilmu dakwah yang telah dipelajari di bangku kuliah, untuk bisa diterapkan di lingkungan masyarakat melalui instansi keagamaan. Banyak hal yang bisa dipelajari oleh mahasiswa selama mengikuti PKL, mulai dari kemampuan membuat project, kemampuan komunikasi, bahkan kemampuan beradaptasi.

Kabupaten Situbondo Drs. Misbahul Munir, M.Ag, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, didampingi Kasubbag Tata Usaha (TU), dan Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, dan dihadiri juga oleh bebrapa kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Situbondo untuk mengahdiri acara penyerahan mahasiswa Praktekk Kerja Lapangan (PKL) dari UNiversitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, Senin (17/01/2022).

Sejumlah Mahasiswa kurang lebih 51 mahasiswa Fakultas Dakwah di tempatkan di Kementerian Agama Kabupaten Situbondo. Para mahasiswa ini diserahkan oleh Dr. Abdul Muis, M.Ag, Dosen Sekaligus Wakil Dekan II Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, didampingi oleh 4 Dosen dari Fakultas Dakwah. Nantinya 51 mahasiswa tersebut di bagi ke 8 Kantor Urusan Agama (KUA) di Situbondo diantaranya; KUA Besuki, KUA Suboh, KUA Bungatan, KUA Mlandingan, KUA Panji, KUA Jangkar, KUA Asembagus, dan KUA Situbondo.

Program Praktek Kerja Lapangan ini juga diikuti oleh prodi Bimbingan dan Konseling Islam, hal ini dilakukan karena sebelumnya mahasiswa prodi BKI sudah memeplajari tentang konseling pranikah dan dinamika keluarga.

Dilanjutkan oleh Sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo.

“pertama kami mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap pimpinan UIN KHAS Jember dan khusunya Fakultas Dakwah. Dalam hal ini Kepela kemenag juga menyampaikan kepada segenap mahasiswa untuk mengintegrasikan dan teori yang didapat di bangku perkuliahan yang dituangkan dalam kehidupan nyata. Kedua, pelayanan konseling pranikah menjadi hal yang diutamakan pada program ini karena banyak orang yang ingin menikah namun ilmunya masih belum banyak tentang pernikahan”

Sambutan selanjutnya oleh Wakil Dekan II Fakultas Dakwah sekaligus mewakili Dekan dan Dosen “pertama, Praktek Kerja Lapangan ini diikuti oleh 51 mahasiswa yang terdiri dari 5 prodi di lingkungan Fakultas Dakwah. Kedua, ketika di KUA harus aktif jangan sampai menunggu perintah, mahasiswa harus memberikan inovasi pada KUA”

Acara selanjutnya adalah penandatanganan MoU antara Fakultas Dakwah dengan kementerian Agama Situbondo. (sur)

;