tipd@iain-jember.ac.id 081336890790

Tingkatkan Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa

Home >Berita >Tingkatkan Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa
Diposting : Minggu, 15 Oct 2023, 21:28:31 | Dilihat : 92 kali
Tingkatkan Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa


UIN KHAS Jember-  Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, belajar riset kolaborasi didesa Sukorena Kabupaten Jember. Tujuannya agar kegiatan yang diikuti oleh 42 mahasiswa ini dapat memberikan bekal kemampuan riset pada mahasiswa. 
Selain itu, peserta riset juga mapu menghasilkan tulisan yang terpublikasi tentang keberagamaan dan masyarakat multicultural, sebagaimana focus tema yang telah ditetapkan, yaitu dengan tema “Ekspresi Keagamaan Masyarakat Multikultural di Desa Sukereno Jember”  
Diketahui, kegiatan ini merupakan bagian dari program penguatan kemahasiswaan yang dikemas dalam bentuk tentire karya ilmiah dan riset kolaborasi. Dalam praktiknya Riset Kolaborasi Mahasiswa ini didampingi oleh dosen muda dari berbagai prodi dilingkungan Fakultas Dakwah. 
Wakil Dekan III Dr. Minan Jauhari., M.Si. menyebutkan bahwa kegiatan riset kolaborasi ini merupakan kegiatan akademik yang sangat diperlukan oleh mahasiswa khususnya dalam meningkatkan mutu dan prestasi akademik. Sementara penentuan Desa Sukoreno sebagai lokasi Riset dinilai sangat tepat, mengingat desa sukoreno konon sering disebut-sebut sebagai desa multicultural, desa Pancasila, bahkan sebagian sumber menandainya sebagai miniature Indonesia.
“Riset kolaborasi ini diperlukan agar dapat memberikan ruang dan akses bagi mahasiswa khususnya dalam melatih skill dan kemampuan dibidang riset sebagaimana kompetensi keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Apalagi dalam kegiatan ini prosesnya juga difasilitasi oleh seorang pendamping, sehingga dapat memastikan dalam menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas” Ungkapnya saat memberikan kata sambutan dalam saresehan keberagamaan, di Balai Desa Sukoreno, sabtu (14/10) lalu.
Dilain pihak sekretaris Desa Sukereno, Silfi menyambut baik atas inisiatif Fakultas Dakwah UIN Khas Jember dengan menerjunkan mahasiswa untuk belajar riset keberagamaan di desa Sukoreno ini. Baginya kegiatan ini akan menjadi awal silaturahmi antara desa Sukereno dengan kampus UIN KHAS Jember. 
“Semoga setelah dijalankan kegiatan ini, aka nada hasil penelitian yang ditulis oleh para mahasiswa dari Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, sehingga kedepan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan perangkat Desa sebagai evaluasi demi majunya desa ini tentu dalam hal toleransi beragama”.Harapnya.
Dapat diketahui bahwa dalam acara ini, sebelumnya juga digelar serasehan keberagamaan yang digelar di Kantor Desa Sukereno. Dalam saresehan ini, para tokoh agama setempat yaitu tokoh agama dari Islam, Katolik, Hindu dan ajaran keagamaan Sapto Darmo turut hadir sebagai pembicara.
Tentu, akan menjadi harapan Bersama bahwa kegiatan penelitian kolektif kompetitif ini, bagi mahasiswa akan dapat memiliki competitive advantage untuk dapat berkiprah secara kompetitif dalam merespon tawaran-tawaran penelitian tingkat regional, nasional, dan bahkan internasional, khusunya kualifakasi terlibat dalam setiap kegiatan penelitian dosen. (Sur)

;